Halaman

Senin, 24 Oktober 2011

Semboyan 40

semboyan 40 adalah peluit panjang saat kereta api berangkat berdasarkan perintah (PPKA).

ada tanda semisal huruf "T" yang terbuat dari plat besi dan biasanya terdapat sebelum "sinyal muka" dan ini menandakan bahwa didepan akan terdapat sinyal atau stasiun.

ada pula "lingkaran bundar" hijau sebanyak 2 (disusun vertikal) dan atau 1 (biasanya sebesar "tampah" kecil) dan ini menunjukan kecepatan yang di di ijinkan serta biasanya dipakai pada saat ada perbaikan atau perawatan jalan / rel kereta api.

atau adapula tanda "palang" plat besi yang dijumpai di sepanjang jalan/rel kereta api dengan dua posisi (yang satu kadang menunjuk ke bawah dan posisi ke dua menunjuk keatas atau sebaliknya). Ini menunjukan kemiringan jalan/rel kereta api.

sering dijumpai pula ada satu atau dua buah "tembok besi" yang diletakan di samping jalan/rel kereta api dengan posisi adak menyerong dan ini dibuat dengan maksud agar masinis tetap "terjaga" untuk tidak mengantuk saat berada dalam kabin dan kereta dalam keadaan berjalan.

masih banyak lagi "kode" serta "tanda" yang ada didalam "ilmu perkereta apian" dan ini sangat-sangat membahagiakan saat saya mendiskusikannya dengan keluarga terutama ortu  saya.

salam kenal dari saya dan ditunggu kabar serta info lainnya tak lupa mohon koreksi bila terdapat kesalahan.



salam,

1 komentar:

  1. Kalo istilah "kambing" ini masuk dalam jajaran istilah teknis kereta api ngga yah? Big Grin

    Soale kambing khan kadang mengganggu petugas dan perjalanan kereta api. Big Grin

    Asal jangan mengatasnamakan railfans trus jadi kambing, wuitss... salah itu!!!!

    Berarti definisi kambing di dunia kereta api adalah :

    Gege Wrote:Orang atau sekumpulan orang yang naik kereta api tanpa membayar tiket kereta api baik di gerbong penumpang maupun di lokomotif Icon_lol

    BalasHapus