Halaman

Senin, 24 Oktober 2011

Nomor KA

Nomor KA tentu saja ada maksudnya, semakin kecil nomor, semakin tinggi peringkat KA nya.
Ganjil dan Genap, biasanya menentukan arah.. ke arah Timur, genap. Dan ke arah Barat, ganjil.

misalnya:
Anggrek Pagi: KA 2
Angrek Malem: KA 4
Argo Gede: KA 16 dst (dari GMR nomor genap)
Argo Gede: KA 15 dst (dari BD nomor ganjil).
Parahyangan: KA 54 dst..
Brantas: KA 146 
kl KA 200an itu KRL ekspress (jabotabek)
Kl KA 500an KRL ekonomi Bogor - depok - jakarta PP (ganjil arah jakarta, genap arah bogor)
Kl KA 600an KRL ekonomi Bekasi - Jakarta PP....
Kl KA 400an KRL Ekonomi AC.........
UNtUk gerbong barang semisal pupuk ato semen dengan gerbong TTW,GW,ato GGW biasanya bernomer KA 2XXX,cntoh KA2302 KA barang semen dari Karangtalun Cilacap.
Terus untuk KA Ketelan BBM dengan gerbong KR ato KKW biasanya bernomer KA 3XXX,semisal KA3502 KA BBM dari Madiun kBENTENG Surabaya.
KA Parcel yg dulunya KA 187/188 sekarang naek kelas jadi KA 109/110 dan dianggap sebagai kereta bisnis..
kalo ketel Maos-Tegal nomer KA nya 13xx (tapi satu perjalanan dari Maos ke PWT punya dua nomer karena di Kroya pindah lok dan nomer KA nya pun baru) KA ketel yg siang hari dari kroya ke tegal nomernya 1361 klo yg dari tegal ke kroya 1354 
tuker pusisi lokomotip tuker juga nomor kreta...

KA 84 itu relasi GMR-KYA, terus di KYA loknya dibalik dan KYA-CLP jadi KA 85

begitu juga Harina..


klo mau lebih teliti, ada keanehan lain..

nomor KA dari arah barat ke timur kebanyakan nomer genap, tapi klo dari surabaya ke arah timur jadi nomer ganjil, makanya Logawa PWT-SGU nomor 158 tapi dari SGU-JR jadi 159 (bukan nomer genap)
Purwojaya juga punya no KA dobel 86/83 dari CP dan 84/85 dari GMR...... 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar