Halaman

Minggu, 06 November 2011

Sekolah Tinggi Perkeretaapian

Quote:DEPHUB AKAN BANGUN SEKOLAH TINGGI PERKERETAAPIAN DI MADIUN
puskompublik,26/11/2009



(Jakarta, 25/11/09) Departemen Perhubungan berencana untuk mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Perkeretaapian (STIKA) di Madiun, Jawa Timur. Sekolah yang diorientasikan pada penyediaan tenaga-tenaga andal di bidang perkeretaapian itu diharapkan bisa beroperasi mulai 2012 mendatang.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Tunjung Inderawan menjelaskan, sekolah ini adalah sekolah terpadu yang akan mendidik tenaga-tenaga kompeten di bidang perkeretaapian, mulai tingkat menengah atas hingga sekolah lanjutan tingkat tinggi.

”Kita akan buka pendidikan mulai dari tingkat SMA, D-1, D-2, D-3, hingga S-1. Sekolah ini kita bangun untuk mengantisipasi pemenuhan SDM tenaga-tenaga profesional perkeretaapian ketika nanti multioperator berjalan. Tidak hanya untuk operator, regulator juga sangat membutuhkan tenaga-tenaga profesional ini. Kita nggak mau, ketika nanti multi operator sudah berjalan, tenaga-tenaga yang digunakan adalah tenaga dari luar,” jelas Tundjung di Jakarta, Rabu (25/11).

Dia menambahkan, dibutuhkan sedikitnya lahan seluas 20 hektare untuk membangun kawasan sekolah terpadu tersebut. Proses pembebasan lahan dan persiapan pembangunan ditargetkan bisa selesai seluruhnya pada 2010. Sehingga pada 2011, proses pembangunan fisik sudah bisa dilakukan, dan 2012 bisa beroperasi.

”Untuk lokasi lahannya sudah ditentukan, yaitu di kawasan ring road barat Kotamadya Madiun, tepatnya di sebelah Asrama Haji Madiun. Wilayah ini memang kawasan pendidikan, jadi sangat tepat kalau sekolah perkertaapian ini di bangun di sana,” papar Tundjung.

Menurut Tundjung, Ditjen Perkeretaapian dan Badan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Dephub telah berkoordinasi dengan Pemkot Madiun untuk membantu penyediaan dan pembebasan lahannya. Termasuk pula dengan pihak terkait lain seperti PT INKA Madiun untuk penyediaan tenaga pengajar dan kerja sama praktikum siswa. ”Mereka semua sangat siap untuk membantu merealisasikan pembangunan sekolah ini,” lanjutnya.

Saat ini rancang bangun sekolah tersebut tengah disiapkan Badan Diklat sebagai lembaga yang akan memfasilitasi pembangunan dan pengoperasian sekolah itu. Kepala Badan Diklat Dedi Darmawan ketika dikonfirmasi terpisah menjelaskan, estimasi anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan sekolah tersebut mencapai Rp 350 miliar. (DIP)

SUMBER

Ayo ayo,, siapa yang pengen masuk kalo udah jadi.. New_xiexieNew_xiexie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar